Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Doa inilah yang paling sering dilafazhkan Rasulullah SAW semasa beliau masih hidup. Doa ini disyari’atkan agar dibaca di segala keadaan.

Doa Keselamatan Dunia Akhirat (Do’a Sapu Jagad)

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ALLAHUMMA AATINA FID DUNYAA HASANAH, WA FIL AKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZABAN NAAR.


Artinya: 
"Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka."
Makna yang terkandung dalam do'a sapu jagad :

1. Doa Sapu Jagat Mencakup 3 Hal, Kenikmatan Dunia, Kenikmatan di Hari Akhir dan Terbebas dari Neraka

Banyak manusia yang memiliki tujuan hidupnya masing-masing dan pastinya tidak jauh-jauh dari 3 hal tersebut. Selain ingin bahagia di dunia pastinya ingin juga bahagia selepas mati nanti, ketika sudah mati nanti pastinya ingin sekali terhindar dari siksaan api neraka kelak di akhirat nanti. Sehingga, jika ingin mendapatkan itu semua cukuplah dengan memanjatkan doa ini, maka dengan kehendak Allah SWT semoga dikabulkan olehnya, Aamin.

2. Doa Sapu Jagat Merupakan Doa Para Pencari Jodoh yang Sholeh dan Sholehah

Doa ini dipercaya dapat mendatangkan jodoh yang tentunya baik, hal ini berdasarkan sebuah tafsir dari Ibnu Abbas RA yang menyatakan bahwa makna hasanah atau kebahagiaan dunia salah satunya adalah dapat menikahi seorang yang sholeh atau solehah. Maka dari itu bagi para jomblo yang ingin mendapatkan seorang jodoh yang baik, seringlah membaca doa ini di setiap selesai shalat.

3. Dapat Melapangkan Hati Jika Mendapat Musibah

Bagi orang-orang yang habis terkena sebuah musibah besar atau kecil, akan terasa tenang hatinya jika dibacakan doa ini. Rasulullah SAW pernah membacakan doa ini ketika menjenguk kerabatnya yang sedang sakit, kemudian Allah pun menyembuhkannya.

4. Makna Penting di Dalam Kalimat “Wa fil aakhiroti hasanah”

Arti kalimat tersebut, “Dan juga kebahagiaan di akhirat”. Yang dimaksud adalah terbebas dari rasa takut, mendapatkan naungan dari Allah SWT selama di Padang Mahsyar, mendapatkan syafaat Rasulullah SAW, mendapatkan hisab yang ringan, selamat ketika menyeberangi jembatan antara dua tepi neraka atau jembatan Shirotul Mustaqim, selamat dari kekurangan pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Sehingga di puncaknya nanti dapat bertemu dengan Allah SWT di surga kelak.

5. Doa Sapu Jagat Diakhiri dengan Kalimat “Wa qinaa ‘adzaabannaar”

Kalimat tersebut memiliki arti, “Dan hindarkanlah dari adzab api neraka”. Mengapa doa ini diakhiri dengan permohonan agar terhindarnya dari siksa api neraka? Karena kebaikan di hari akhir nanti berhubungan dengan kebaikan selama di dunia. Bisa jadi juga kebaikan tersebut akan didapat ketika di dalam kubur, sehingga doa ini menjadi sebuah doa yang amat sangat penting, Inshaa Allah.

Komentar